lukisan bayi dan tentang pencahayaan

Bagaimana sebuah pencahayaan kita buat di dalam lukisan kita..oke tentu saja pencahayaan sebenarnya rumit tapi kalau kita terpancang dengan kerumitan itu maka kita tidak akan cepat mengerti ,saya akan memberi sedikit tips yang instant mungkin benar atau bisa saja kurang tepat tapi hal ini selalu saya pakai dan hasilnya selalu sudah seperti yang di harapkan ,tips saya adalah ..dalam sebuah lukisan kususnya lukisan wajah (karena saya tukang lukis wajah) maka
untuk pencahayaan ,kita konsentrasi saja dengan satu fokus cahaya jadi abaikan cahaya-cahaya lainnya .. maksud saya kita buat semua lukisan kita seolah-olah mendapatkan cahaya dari satu arah saja yang dominan kecuali untuk kebutuhan tertentu sih .. kebanyakan saya buat cahaya berasal dari kanan , mungkin ini terasa tidak profesional tapi menurut saya ini juga sangat berguna untuk membiasakan diri terhadap pencahayaan awal , kalau kita tidak mulai dengan cara-cara begini kita tidak akan segera bisa , karena unutk lukisan pensil yang notabenehanya di dominasi warna hitam , abu-abu, dan putih maka pencahayaan menjadi ganti warna .. ketebalan arsiran yang berasal dari kuat lemahnya cahaya yang seolah-olah akan menggantikan peran warna dalam lukisan pensil , kalau kita sudah terlatih untuk membedakan ketebalan maka ketebalanpun seperti warna yaitu kalau di sederhanakan ada 12 macam ketebalan , dari yang tebal legam sampai yang seolah-olah tidak diarsir tapi sebenarnya itu adalah warna putih yang di buat dari arsiran ,, kita angap saja warna di gantikan ketebalan dalam lukisan pensil dan yang menciptakan warna dan ketebalan adalah cahaya , maka belajar pencahayaan sangat mutlak di lukisan pensil dan caranya memulai adalah dengan tips di atas.

>SEE THE ENGLISH VERSION KLIK HERE
Menggambar bayi
Yang di siapkan ,pensil (aku menggunakan faber kastel 8b)
Penghapus(stedler) dan kertas (kertas kopenhagen motif garis-garis)
Dan foto yang akan digambar
Disini saya akan memperlihatkan step by step dengan
gambar

















,okay semoga bermanfaat..ada yang ingin ditanyakan dan kritik gunakan kotak komentar,,salam berkarya


Comments

Popular posts from this blog

Play Guitar ...memahami kunci gitar untuk menaikkan atau menurunkan nada dasar

LUkisan pensil faber castel dan stedler