Home » » Lukisan pensil : GUNAKAN LOGIKA SAAT MENGGAMBAR SKETSA,..CARA MENGGAMBAR HIDUNG MANUSIA DAN CONTOHNYA

Lukisan pensil : GUNAKAN LOGIKA SAAT MENGGAMBAR SKETSA,..CARA MENGGAMBAR HIDUNG MANUSIA DAN CONTOHNYA

Posted by Yoan logic
langit biru, Updated at: 1:13:00 PM

Posted by Yoan logic on Monday, September 12, 2011


Teknik untuk lukisan pensil paling cocok adalah teknik yang disebut teknik dusel , teknik dusel adalah teknik mengarsir dengan usapan karena dengan teknik dusel maka sifat realis yang diharapkan akan segera tercapai ini sangat efisien dan menghemat waktu , teknik dusel agar menghasilkan lukisan yang bersih dan berkualitas yaitu mengusapnya
menggunakan kapas halus karena kalau dengan jari kadang-kadang tangan kita model tangan berkeringat ini akan membuat kotor lukisan kita dan seandainya usapan menggunakan tangan maka hasilnya juga tidak bisa di hapus dengan bersih , kertas juga berpengaruh dengan kualitas karena kertas tertentu bisa mengakibatkan arsiran gampang luntur jadi disarankan menggunakan kertas yang bertekstur , contohnya kertas linen , copenhagen , florida , kertas yang tidak di sarankan adalah kertas manila dan buku gambar tipis.. tapi kalau untuk latihan maka ini tidak berlaku , saya hanya menganjurkan untuk menghasilkan lukisan pensil yang berkualitas , hal yang tidak kalah penting dari kertas adalah alasnya , alasnya sebaiknya menggunakan kaca karena seandainya menggunakan triplek saat membutuhkan garis yang di tekan maka kertas bisa jebol meskipun sudah menggunakan kertas yang tebal , jadi di sarankan alas mengguanakan kaca , teknik dusel sangat efektif untuk digunakan dan akan menghasilkan arsiran yang halus dan bervariasi teknik ini bisa di kombinasikan dengan eksperimen pencahayaan yang dengan penghapus maka akan menghasilkan lukisan yang sedap dipandang .



Sebuah gambar terlihat sinkron dan teratur agar enak dipandang meskipun tidak ada peraturan dan bebas tapi sebaiknya kita juga menggunakan pedoman-pedoman agar lebih profesianal lepas dari lukisan yang model abstrak loh..kalo itu dibicarakan lain waktu saja..hehe disini saya akan membicarakan soal logika…yaitu
-masuk akal gak garis itu disitu?,,terus janggal tidak menurut kita gambar itu disitu?,kalau ini begini aneh tidak?,yah itu bisa kita logika sambil kita terus mencoret .

.percaya sendiri,atau minta bantuan orang lain untuk meyakinkan,tapi kita harus lebih percaya pada diri sendiri..misalnya garis kening yang bertemu rambut kadang kalau diteruskan ke arah yang sesuai malah tidak ketemu sama ubun-ubun,dan lain-lain…”buat saja garis yang samar-samar untuk nanti dihapus saat finishing” biar tidak belok jauh-jauh..kadang malah tidak perlu dihapus malah hilang sendiri saat kita usap dengan kapas…ohkay ini semua menurutku ambil positifnya saja…sekarang saya akan share garis besar gambar sebuah hidung dulu..kemarin ada yang minta postingan hal ini semoga bermanfaat…sederhananya begini,,hidung dari depan …sedangkan kalau posisi miring disitulah peran logika yang saya bicarakan diatas hehe..disini saya pertebal garis agar jelas,pada kenyataan sebenarnya tetap dibuat samar-samar dulu baru beberapa tempat ditebal tapi mending diutamakan arsiranya..aku arsir pake kapas setelah di hitamkan sedikit dengan pensil..garis besar bentuk hidung menurut caraku yang kudapat dari seseorang…haha
pertama begini

garis besar hidung menurutku

saya hanya menghafal bentuk ini,sepertinya secara otomatis sudah jadi sugesti saat saya menggambar hidung bagaimanapun posisinya

jadinya


selamat mencoba




LIHAT JUGA
  1. CARA MENLUKIS/MENGGAMBAR WAJAH DENGAN PENSIL
  2. CARA MENGGAMBAR MATA
  3. CARA MENGGAMBAR BIBIR
  4. CARA MENGGAMBAR HIDUNG
  5. CARA MENGGAMBAR GIGI

Share This Post :

12 komentar:

Zona Baru said...

Wah keren juga om blognya, ditungu kunjunganya di blog saya om..... sukses selalu dengan lukisan2 nya....,

yoan said...

okay mz

Bryan Suryanto said...

Mantap nih.. Memecah kebuntuan saya. Terimakasih.. http://bryansurya.deviantart.com

bung song said...

bagian hidung memang paling sulit dalam melukis haha…..

Yoan logic said...

@bryan suryanto .. sama2 mksh kunjunganya
@bung song : smngatt

David Khoirul said...

Karya yang bagus, Yoan. Keep up the good work.

Yoan logic said...

okay .. you too friends

defrans matheo said...

WOW keren om..,
semoga bermanfaat dan om nya dapat pahala banyak....,

saya tag jadi web favorit nih

maksih yaw..,
saya akan belajar dengan sungguh sungguh dari nih blog

Yoan logic said...

mksh smngatnya buat defrans .. semnagatt deh moga sukses latihanya ..hehe ..jgn putus asa dulu sebelum bisa ..caiyooo :D

Arpingga Newbie said...

wah wah wah mancap nih mas brow triknya,,ane BM dulu yah,,dan ijin praktek

Yoan logic said...

mksh smngatnya .. langsung praktek praktek dan praktek :D

Bagas Tjahyo said...

Mantap om..sy kira cman sy yg buntu dn kesulitan gambar hidung dn pencahayaannya...di tambah donk wawasan buar arsir hidung dr nol biar tampakbhidup...

 
Copyright © 2015 langit biru. All Rights Reserved
Template Johny Wuss Responsive by Creating Website and CB Design