LUKISAN PENSIL: trik menggambar bibir dan jarak kira-kira letak anggota kepala


Bagaimana cara mencari mood yang bagus untuk menggambar ,, pertanyaan ini lagi yang banyak ditanyakan oleh pemula-pemula lukis mirip , mood memang sangat berpengaruh dengan karya kita tapi kalau kita mengandalkan mood maka kita adalah golongan tidak profesional atau amatir .. rasa malas
yang sangat kuat memang menjadi musuh yang paling sulit dikalahkan .. hal yang saya lakukan untuk mengalahkan mood adalah dengan memaksakan diri dan akan istirahat bila saya sudah merasa kesehatanya sudah merasa terancam .. minum air putih yang banyak juga berguna untuk proses memaksakan diri yang baik .. jadi intinya cara mengatasi mood adalah memaksakan diri tapi tetap memperhatikan kesehatan .. jadi yang bisa memberhentikan kita adalah kesehatan… beberapa hari ini saya juga KO dan cara yang saya tempuh adalah dengan tidur disiang hari agar malamnya tidak kurang tidur .. sebenarnya saya siang juga ada kegiatan kuliah tapi pasti ada waktu yang bisa di manfaatkan untuk tidur meski sebentar .. kadang kala tidur sebentar itu bisa sangat membuat fresh .. karena tidur kita malah lebih berkualitas .. tapi cara tidur ini kadang kurang efektif karena dekat dengan rasa malas .. hati-hati .. terus terang sebenarnya saya juga karakter pemalas tapi karena saya paksa maka lukisan tetap selesai .. memaksakan diri atau terpaksa .. samam saja .. bisa mengalahkan mood yang buruk


LUKISAN PENSIL: trik menggambar bibir dan jarak kira-kira letak anggota kepala
Kembali lagi saya akan membahas tentang belajar lukisan wajah dengan pensil,kali ini saya mau bagikan “ilmu kira-kira saya”dan juga cara saya menggambar bibir.
Yes yang pertama kira2 letak anggota kepala..mata hidung bibir dan telinga..oh iya penting banget untuk diketahui bahwa bentuk kepala manusia itu seperti telur..ini menuru
t saya penting banget untuk sugesti otak kita sendiri..meskipun saat menggambar kita harus menyesuaikan dengan posisinya
bahwa bentuk kepala manusia itu seperti telur
bahwa bentuk kepala manusia itu seperti telur
bahwa bentuk kepala manusia itu seperti telur



lalu pembagianya begini



penjelasan :letak mata horizontal ada di tengah-tengah dari atas dan bawah,saya menyebutnya garis mata…lebar mata kira-kira sebesar itu seperti dalam gambar…
letak hidung ada ditengah-tengah antara garis mata dan janggut
letak bibir ada diantara hidung dan janggut tapi lebih mepet hidung
titik bertemunya kuping dan kepala adalah sejajar dengan garis mata…..



okay!!! Selanjutnya aku mau bagikan juga trik menggambar bibir karena menggambar hidung sudah,menggambar mata sudah
bentuk bibir dalam gambar kasar adalah begini (untuk sugesti lagi)



langkah awal menggambar bibir kita cukup mengambil garis tengahnya seperti LAYAKNYA GAMBAR-GAMBAR BIBIR DALAM KOMIK ATAU MANGA



yang di ambil garis tengahnya dulu’lalu untuk membuat bibir atas dan bawah langsung kita arsir saja…





setelah diarsir…yah bentuknya dimirip-miripin asal dulu
sudah itu diusap-usap pakai kapas…tidak usah ragu-ragu selama kapasnya bersih..yang kuat saja biar mantab dan tidak kelihatan ragu-ragu..



kalau sudah..kita akan membuat tepi-tepi bibir,disini kita tidak menggunakan garis tapi menggunakan penghapus,,,kalau mau dikasih menggunakan garis ..pensilnya harus runcing..tapi disini saya tidak menggunakan garis untuk membuat bibir…


yuk kita potong-potong penghapusnya agar ujungnya runcing..kita buat saja seperti balok lalu yang kita gunakan sudutnya ..yang bersih loh penghapusnya,,kalau sudah buat tepi bibir atas lalu bawah…jangan lupa bentuk besarnya seperti gambar bibir yang pertama tadi..




yakss kalau sudah kita usap pakai kapas lagi tapi ringan saja…


maka efek mengkilap atau halus ,seperti cahaya akan otomatis saja…yang terpenting untuk membuat efek itu adalah PENGHAPUS

yang dilanjutkan dengan usapan-usapan kecil dengan kapas..

disini sentuhan akhirnya adalah kapas..
sekian kalau belum baca tutor sebelumnya silahkan kunjungi tutorial melukis dengan pensil bagian satu


LIHAT JUGA
  1. CARA MENLUKIS/MENGGAMBAR WAJAH DENGAN PENSIL
  2. CARA MENGGAMBAR MATA
  3. CARA MENGGAMBAR BIBIR
  4. CARA MENGGAMBAR HIDUNG
  5. CARA MENGGAMBAR G7IGI


Comments

Nuna said…
hehe,,ini nih kak yg listi blum mudeng,,,masih ada out line nya klo sketch.hahhaha
Unknown said…
eh tp jgn salah,outline itu kalo tepat penggunaanya malah bsa jdi kyak timbul loh..menurutku loh,hehe..tp kalo kbnyakan y dikurangi,byar lebih realiz lg..
Kanina Sista said…
Follow me back. Folower#16
Unknown said…
he2,ok sudah..mksi ya,dont fget to see me kdang2..me too..
MeleMilhan said…
blog nya bagus.. salam kenal
aku sendiri kalo ngelukis cuma pake pensil. trus arsirannya aku halusin pake tangan aja, alhasil tanganku jadi kotor kena karbon.
baru tau kalo ternyata bisa pake kapas. hehehe..
makasih ya ilmunya. nanti aku coba ah..
^_^
Unknown said…
iya..pake tangan memang bagus tapi kadang jdi kotor jga lukisanya..dan gak bisa dihapus bersih..wah lanjutkan hobinya..jdikan hobi sbg smangattt..cyou
Unknown said…
Wah ... Saya baru tau ternyata cara menghaluskan pakai kapas .. Pantas saya heran dengan lukisan orang lain kok bisa halus begitu hahah .. Makasih ni tips nya blog nya mantap :3
Unknown said…
menarik sekali tipsnya bro... makasih dah berbagi ilmu
agen tiket online
jasa iklan massal
Unknown said…
Kak,
sya mau tnya, klo cara buat lekukan pda pipi gimna cranya ya?
Unknown said…
@tobarku:sama-sama @softwatilah : menggunakan garis sesuai bentuk lekukan pipinya,,dan di usap pake kapas untuk menyamarkan..kemudian di rapikan pake penghapus bersih untuk yang keluar jalur ..hehe ok
Anonymous said…
Terimakasih kak. Ilmunya sangat bermanfaat. Semoga kakak kedepannya menjadi pelukis yang handal.
Unknown said…
anonim :mksh smngatnya
Arpingga said…
ok aku praktekin lagi yah
Unknown said…
betull.. praktek lagi.. semoga cepat paham..jangan lupa latihan di nalar/logic :D smngat
sirius said…
makasih banyak tips nya, semoga bisa bermanfaat bagi saya khususnya hehehe
saya sbenernya hobi melukis, tp karena kesibukanku kuliah, hobiku jadi terbengkalai deh :D
Unknown said…
hehe ..iya sama2 semoga suces kuliahnya isti
Ani Resty said…
trimakasih tipsnya, ini bnar" sngat membantu ^^
Anonymous said…
Keren banget...kirain cara gambar biar halus kirain pake jari...Eeh ternyata juga bisa pake kapas...😁😁😁 Dan terimakasih sdh kasih tau tips nya...

Popular posts from this blog

Play Guitar ...memahami kunci gitar untuk menaikkan atau menurunkan nada dasar

LUkisan pensil faber castel dan stedler