Home » » Michelangelo

Michelangelo

Posted by Yoan logic
langit biru, Updated at: 9:58:00 AM

Posted by Yoan logic on Thursday, October 20, 2011


kita perlu tau tentang orang satu ini..bagus untuk inspirasi
Michelangelo (1475-1564) Lahir di Caprese, Itali tahun 1475, kira-kira empat puluh mil dari Florence. Dari kecil bakatnya sudah tampak jelas, dan di umur tiga belas dia magang pada pelukis kenamaan Shirlandaio di Florence. Setahun sesudah itu dia tinggal di istana Medici milik Lorenzo, penguasa Florence yang bertindak selaku pelindungnya. Sepanjang kariernya bakat besar Michelangelo tak diragukan
lagi. Dia sering sekali dipercaya baik oleh para Paus maupun tokoh duniawi merancang dan membuat karya seni. Meski dia tinggal di banyak tempat, sebagian terbesarnya dihabiskan di Roma dan Florence.

Meninggal dunia di Roma tahun 1564, tak lama sesudah usianya lewat delapan puluh sembilan tahun. Setua itu, tak sekalipun pernah kawin.

Kendati dia tidak segenius Leonardo da Vinci angkatannya yang lebih tua, keserbabisaan dan kebolehan Michelangelo tetap amat mempesona. Dialah satu-satunya seniman, mungkin satu-satunya orang, yang sanggup mencapai puncak prestasi dalam dua bidang yang berbeda satu sama lain. Selaku pelukis dia berada hampir di puncak, baik dari segi kualitas keindahan karyanya maupun pengaruhnya terhadap pelukis-pelukis yang datang belakangan. Fresko besar yang menghiasi dinding atas gereja Sistine di Roma merupakan --tidak bisa tidak-- kreasi seni terbesar sepanjang jaman. Tetapi, Michelangelo sendiri menganggap dirinya pertama-tama seorang pemahat, dan banyak kritikus yang menganggapnya pemahat terbesar yang pernah hidup. Patung "Daud" dan "Musa"-nya --misalnya-- dan "Pieta" yang mashur merupakan hasil karya seni yang tak terlampaui.

Michelangelo juga seorang arsitek besar. Salah satu hasil kerja besarnya di bidang ini adalah rancangan gereja Medici di Florence. Selama beberapa tahun dia juga jadi kepala arsitek gereja St. Peter di Roma.

Micheangelo banyak membikin sajak selama hidupnya, sekitar 300 sajak dapat ditemukan. Soneta-sonetanya dan sajak-sajak lain diterbitkan sesudah matinya. Kesemua sajak-sajaknya itu mencerminkan jelas corak kepribadiannya, dan Michelangelo memang menunjukkan dirinya penyair berbakat.

Seperti halnya saya jelaskan dalam artikel tentang Shakespeare, saya percaya bahwa seni dan para seniman pada umumnya tidaklah begitu banyak pengaruhnya kepada sejarah kemanusiaan dan kehidupan mereka sehari-hari.

Atas dasar itulah Michelangelo --tanpa menyisihkan pengakuan atas kehebatannya selaku seniman genius-- tampil dalam daftar urutan buku ini lebih rendah ketimbang para ilmuwan dan penemu, kendati mereka itu tidak begitu masyhur jika dibandingkan Michelangelo. Belum lama ini ilmuwan menemukan satu sketsa seniman besar itu yang selama ini tak dikenali. Sketsa kubah Basilica itu diprediksikan adalah karya Michaelangelo tahun 1563, setahun sebelum seniman dan arsitek tersebut meninggal, seperti yang ilaporkan di harian L’Osservatore Romano, Vatikan, Kamis pekan ini.

Dibuat dengan menggunakan alat pemotong batu, sketsa itu ditemukan di di sela arsip perkantoran Fabrica, San Pietro, Roma.
Stroke

”Penyakit stroke yang diderita Michaelangelo menyebabkan ia tak mampu menyelesaikan sketsa itu,” komentar Vitale Zanchettin, peneliti yang menemukan sketsa tersebut.

Menurut vatikan, sketsa itu akan diserahkan Senin mendatang ke tim ahli, termasuk kepala Museum Vatikan, Antonio Paolucci. Pengumuman resmi ke media sendiri baru akan ditentukan setelah itu.

Michelangelo telah memulai pembuatan konstruksi Basilica sejak tahun 1547 saat usianya menginjak 80 tahun. Ia membuatnya dengan menggunakan kapur berwarna merah darah. Ia sempat menyelesaikan konstruksi kubah itu hingga empat kolom sebelum meninggal pada Februari 1564. Pembangunan kubah ini dinilai sangat ambisius dan melibatkan sejumlah seniman dan arsitek ternama zaman Renaisans. Arsitek pertama yang terlibat adalah Donato Bramante, meninggal demlapan tahun setelah batu pertama didirikan. Lainnya adalah Raphael. Paus Paulus Ketiga akhirnya menugaskan Michelangelo yang akhirnya meninggal tahun 1564 akibat stroke.

Michelangelo di Lodovico Buonarroti Simoni (6 Maret, 1475- 18 Februari, 1564) adalah seorang pelukis, pemahat, pujangga, dan arsitek zaman Renaissans.

Ia terkenal untuk sumbangan studi anatomi di dalam Seni Rupa. Karyanya yang dianggap terbaik adalah Patung David, Pietà, dan Fresko di langit-langit Sistine’s Chapel.

Lahir dekat Arezzo, di Caprese, Toscana, Italia tahun 1475. Ayahnya Lodovico di Leonardo di Buonarotti di Simoni adalah seorang pegawai hukum di Caprese. Ibunya Francesca di Neri del Miniato di Siena. Keluarganya memiliki status kebangsawanan rendah.

Karya Michaelangelo membuka mata seniman pada zaman ini tentang pentingnya studi yang baik tentang anatomi. Pada masa inilah dimulai penelitian langsung organ tubuh dan alat gerak dari mayat. Karya-karyanya banyak menjadi inspirasi karya seni di masa Renaisans.Selain itu karya arsiterturnya bisa dilihat di banyak bangunan di Firenze.

Mahakaryanya tersebar begitu apik dan dirawat hingga kini, antara lain Madonna and Child with the Infant St. John (Taddei Tondo), Il Putto Dormiente, Madonna de La Scalsa, Battle of Centaurs dan banyak lagi.

Referensi:

Associated Press

http://id.wikipedia.org/wiki/Michelangelo_Buonarroti

Share This Post :

1 komentar:

Anonymous said...

thanks infonya

 
Copyright © 2015 langit biru. All Rights Reserved
Template Johny Wuss Responsive by Creating Website and CB Design