Tiga tahap utama dalam lukisan pensil

Selamat malam..hehe karena saat saya menulis artikel ini hari memang sudah malam..setelah beberapa waktu saya tidak nongol,kali ini saya kembali ingin berbagi tentang hal seperti biasanya..lukisan wajah dengan pensil dan cara-caranya versi saya..perlu diketahui saya eksperimen sendiri bukan hasil dari browsing,,langsung ke tkp… Tiga tahap utama dalam lukisan pensil Ada tiga tahap utama yang saya amati dalam melukis wajah menggunakan pensil yaitu 1.SKETSA
2.PENEGASAN/pemiripan 3.FINISHING Yang pertama yaitu sketsa ,,,ujung pensil runcing,nyoretnya yang ringan2 saja bahkan dalam saya melukis pantang untuk membuat coretan yang di tekan keras..hal itu hanya saya gunakan saat penegasan yang sudah pasti saja atau proses finish yang sudah diperlukan karena kalo kita mencoretnya agak keras sedikit saja akan menghasilkan GARIS MATI ,proses sketsa saya menggunakan pensil 8b …hahaha padahal karna punyanya pensil 8b,,sampai finish juga 8b hahahaha ..aku pakai merk faber castel ,,tapi jangan khawatir pakai 2b juga bisa ..sama saja …posisi pegang pensil saat sketsa adalah biasa..seperti pegang bolpoin hanya agak ke atas atau di tengah-tengah..tidak usah diterangkan pakai gambar ya..pokoknya senyaman mungkin ya ..tidak harus begitu kok..tapi kalau saya begitu.. Tahap ini adalah bikin orek-orekan tak beraturan ,,garis garis semrawut untuk memudahkan membandingkan sampai menemukan bentuk mempermudah imajinasi merealisasikan dalam kertas karena sudah ada garis pembimbing yaitu orek-orekan tadi ..jadi sketsa adalah orek-orekan tak beraturan untuk membimbing imajinasi membuat gambaran .. disinilah logika,pikiran dan perhitungan digunakan.. Yang ke dua penegasan ,proses ini adalah pemiripan..ditahap ini ada beberapa moment membuat coretan yang di tekan keras … yaitu untuk membuat letak dan bentuk yang pasti..tujuanya untuk mempertahankan kemiripan sampai proses finishing … perlu digaris bawahi..disinilah jiwa lukisan di tanamkan..disinilah proses pemiripan sesungguhnya … biasanya yang di buat : pupil,sudut mata,bibir ,hidung ,janggut dan pipi ditegaskan …rambut belum begitu diutamakan … tapi ada beberapa pelukis malah terbalik ,yaitu melukis rambutnya dulu… ya,, bebas ..tapi saya lebih baik dari wajahnya,,karena saya memang sudah bbegitu dari dulu heehe..ada kelebihan dan kekuranganya masing-masing teknik ini..tapi tidak akan saya bahas di sini Yang ketiga finishing .. disinilah hati dan perasaan di tanamkan ,kuncinya adalah kapas dan alas kaca ,,,, Mis kalau ingin membuat arsiran ringan seperti pensil 3h .. kita arsir ringan dengan beberapa coretan pensil yang berujung tumpul ,sekitar 3,4/5 arsiran kecil langsung dilanjutkan dengan kapas bersih ,,,atau kalau kita ingin membuat arsiran hitam legam tinggal menekan dengan keras saat mengarsir ,disinilah kegunaan kaca ,,karna meski ditekan keras kertas tidak bolong kalau alasnya kaca..posisi tangan benar2 seperti nulis biasa kalau ini … finish yang terakhir adalah dengan penghapus….membersihkan,,,mempertegas cahaya,,member kesan atau efek2 tertentu…okkkkkkk smangattttt 

Comments

Muhsal said…
Om cara bikin pencahayaan dari depan gmn?
Trus kalau cara bikin alis itu gmn?
Mohon bantuannya.
Unknown said…
dri dpan: byangan kanan kiri seimbang , ,
gmbr alis :pertama diarzir hitamnya sesuai besar alisnya,terus di garis2 sesuai polanya,kemudian diusap pke kapas bersih dan di ulang prosen tdi skali lgi.. silahkan mencoba

Popular posts from this blog

Play Guitar ...memahami kunci gitar untuk menaikkan atau menurunkan nada dasar

LUkisan pensil faber castel dan stedler

LUKISAN PENSIL: trik menggambar bibir dan jarak kira-kira letak anggota kepala