Home » » ditemukan cara baru membuat lensa yang murah

ditemukan cara baru membuat lensa yang murah

Posted by Yoan logic
langit biru, Updated at: 9:29:00 PM

Posted by Yoan logic on Tuesday, June 10, 2014

bagi yang punya hobi meneliti dan fotografi lensa adalah kebutuhan pokok untuk menunjang itu tapi biasanya terbentur biaya yang mahal .. tapi baru saja saya baca dari koran online republika ada cara baru membuat lensa.. langsung saja saya kutib... berikut kutipanya:..


 proses baru yang dikembangkan para peneliti ini memungkinkan para ilmuwan untuk memanaskan sendiri lensa mereka dengan tenaga gravitasi hanya dengan oven, slide kaca
polydimethylsiloxane (PDMS) atau yang umum disebut gel polimer.

Caranya, hanya dengan meneteskan sedikit bahan PDMS di slide kemudian memanaskannya hingga mengeras dengan suhu 70 derajat celcius. Panasnya bahkan tak sepanas oven yang digunakan untuk memanggang. Proses ini digunakan untuk membuat dasar lensa.

Setelah itu bahan PDMS kembali diteteskan ke dasar dengan posisi slide terbalik, gravitasi dengan sendirinya akan membuatnya melengkung. Proses pemanasan akan memperkuat bentuk lensa. Proses ini dapat diulang untuk menyempurnakan kualitas bentuk lensa.

"Saya sangat bersemangat metode ini membuka teknologi fabrikasi lensa. Ini berbiaya murah dan cara mudah untuk membuat sebuah lensa," ujar Steve Lee, pemimpin riset ini yang dilansir Mashable, Senin (9/6).

Lensa ini nantinya bisa digunakan untuk perangkat-perangkat medis. Demoscopis salah satunya. Harga perangkat yang digunakan untuk memperbesar dan menerangi penampang kulit manusia ketika mendiagnosis penyakit seperti melanamo ini biasanya mencapai 500 dolar Amerika.
Adanya proses pembuatan lensa baru ini tentu bisa diharapkan bisa membantu para peneliti karena biayanya yang murah, hanya sekitar 2 dolar AS.

Proses sendiri menghasilkan lensa berukuran kecil dengan perbesaran sebanyak 160 kali dan resolusi sekitar 4 mikron. Spesifikasi ini sama baiknya dengan mikroskop komersial yang banyak beredar. Hanya saja dengan biaya murahnya ini, pengembangan pembuatan lensa ini bisa dilakukan lebih masif.

jadi pengen buat .. bisa enggak ya buat lensa sendiri untuk keperluan astronomi biar bisa mantau langit .. hehe .sekedar pengetahuan

Share This Post :

0 komentar:

 
Copyright © 2015 langit biru. All Rights Reserved
Template Johny Wuss Responsive by Creating Website and CB Design