lukisan rumah joglo yang jadul

postingan kedua di tahun 2015 ,likisan pensil rumah tua berbentuk joglo.. beberapa waktu yang lalu saya dapat order dari seorang semacam arsitek joglo yang ingin memberikan sov
enir pada klienya berbentuk lukisan pensil ... meski saya belum pernah menggambar yang bersifat alam tapi order itu saya terima karena orangnya memberi kebebasan pada saya tentang bentuknya ..jadi beban saya berkurang karena juga tidak menggunakan sekala..

awalnya saya gambar dengan penuh penggaris dan tekstur yang jelas setelah jadi ternyata jadinya kaku dan seperti gambar sangat dua dimensi sepert gambar waktu smp dulu .. kayak gambara anak stm ..langsung saya lebur gambarnya ... lalu saya kembali ke karakter saya yang bebas.. ada hal menarik yang saya temukan .. yaitu dalam lukisan pensil kalau menggambar alam dalam hal ini lungkungan sekitar rumah itu malah "menghilangkan tekstur asli " misal pas buat pohon maka yang mutlakdi gambar hanya semacam bayanganya ..lalu ini saya teruskan sampai di tahap akhir.. menghilangkan tekstur ..saya belum bisa menjelaskan ini.. hanya bisa sedikit menerangkan .. misalnya gambar genteng..saya hanya mengambil point-point yang ada bayanganya yaitu di bagian bawah dan ujung.. tidak seperti saat saya menerangkan cara menggambar wajah manusia .. saat menggambar rumah ini yang saya hanya semacam belajar dan belum bisa membagi detailnya
yang penting di order ini saya berhasil membuat kesan real meski belum tiga dimensi banget ..
pemesannya juga sudah cukup yang di harapkan..kalo di lihat dari dekat ini malah agak abstrak .. bahkan saya tidak menggunakan penggaris, bagian-bagian yang lurus seperti tiang kalo di perhatikan belok-belok tapi inilah yang saya katakan sulit di jelaskan..ada hal yang lucu saat di periksa oleh pemesan.. mas ini kok tiangnya tidak ada satu.. hahahaha.. begitulah sampai saking pusingnya saya tiang yang saya gambar kurang satu.. akhirnya harus bikin tiang lagi.. tiang dadakan .. hehe ... tapi sejauh ini .. sukses ...
sakian dulu posting saya hari ini, sampai bertemu di posting berikutnya.. mohon kritik dan sarannya..
terus berkarya dan berbagi!!

Comments

Popular posts from this blog

Play Guitar ...memahami kunci gitar untuk menaikkan atau menurunkan nada dasar

LUkisan pensil faber castel dan stedler