belajar lukisan warna : mencari tekstur dan mengingatnya






selamat malam.. saat saya menulis artikel ini di sini malam,hujan dan lembab.
Kali ini saya akan mengulas tentang belajar lukisan warna,kali ini saya tidak akan mengajari tapi akan share saja tentang proses belajar saya karena saya benar-benar baru belajar kalo soal lukisan warna,,pertama belajar lukisan warna saya langsung menggambar manusaia dan hasilnya kurang memuaskan .Saya ternyata
lebih condong ke abstrak disamping menghalalkan kesalahan ini di sebabkan memang saya belum halus.Lalu apa yang saya temukan di pelajaran pribadi saya melukis warna ? yah saya akan menyimpulkan beberapa hal..
1.di dalam lukisan warna kita sebaiknya mengenal tekstur,karena saya berpendapat kalau kita bisa mengenali tekstur-tekstur tertentu maka akan mudah menggambar/melukis sesuatu misalnya : daun , pohon, langit , jalan , pemandangan dan bahkan tekstur kain tekstur tanah , tekstur rumput tekstur dinding dan lainlain
2."tekstur" inilah hal yang saya anggap penting di awal saya belajar lukisan warna ..beberapa lukisan yang saya buat disana saya berhasil membuat atau menemukan tekstur jalan dan batang pohon juga teksturtekstur abstrak yang akan saya simpan di perbendaharaan otak saya nanti pasti di butuhkan untuk melukis sesuatu
Selain tekstur hal yang tidak kalah penting adalah kekentalan cat kebetulan cat yang saya gunakan adalah kental… warna atau cat yang kental lebih sulit penggunaannya..di sini saya tambahkan pengencer ..kalau menggambar abstrak cat encer akan sangat asik penggunaannya ,kadang saya menggunakan jari-jari sampai telapak tangan dan benda-benda di sekitar saya ini akan menimbulkan efek baru yang fresh dan tak terduga
Ada lagi hal yang saya temukan yaitu menghindari warnawarna asli jadi di sini saya buat campuran-campuran dengan meletakkan warna di palet berurutan yaitu biru,kuning di tengah dan merah di sisi lain.Kadang warna putih yang mendominasi akan mebuat kesan indah yang tak terduga juga.Lukisan yang di dominasi warna-warna asli kadang terlihat kurang professional kecuali untuk pelukis-pelukis master hehe.dulu saat saya masih focus di lukisan pensil sekali waktu saya menemukan kebosanan yang harus di paksakan tapi dengan warna saya menemukan hal-hal yang benar-benar asli dan baru dan tidak membosankan disini saya lebih bebas mengekspresikan kebebasan dan ide-ide untuk saya tuangkan di dalam karya ,saya menjadi semakin kaya karya dan inspirasi .Di dalam membuat sebuah lukisan bukankah kita menyimpan misi ?nah dengan warna , misi kita itu akan semakin luas dan mudah menyampaikannya.Kita membuat dunia sendiri kita menemukan hobi dan keasikan baru yang positif dan bias juga di jadikan bisnis .Pedoman pelukis adalah “menjadi pelukis saat melukis…kemudian menjadi pedagang saat lukisan itu jadi” tapi itu nanti kalau bagi saya.. kalau sekarang belajar dulu ..kata-kata di atas saya dapat ari seorang pelukis senior yang kaya-raya dari melukis.kreatif..itu kata yang harus kita jalankan ,bukan hanya kreatif berkarya tapi kreatif juga berdagang .Lukisan akan selalu punya tempat di semua masa,jangankwatir kalah sama digital ..lukisan tak akan tergantikan dengan hal seperti itu ..itu keyakinan saya,ini yang selalu membuat saya bersemangat melukis.. kalau dalam istilah sketcher “SEMANGART” ..dari kata semangat dan ART..caracara melukis yang seru juga sering saya praktekan misalnya dengan melempar warna menggunakan materi-materi yang bersifat improvisasi dan lain-lain.Namun kembali lagi tema di posting ini adalah TEKSTUR ,ingat-ingat tekstur yang sudah kita temukan dengan tidak sengaja ..simpan di memori ..dan gunakan saat kita membutuhkan ..nanti akan menjadi lebih mudah dan professional.semangART!!!!

Comments

Popular posts from this blog

Play Guitar ...memahami kunci gitar untuk menaikkan atau menurunkan nada dasar

LUkisan pensil faber castel dan stedler